ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 2013-2014 | |||||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Agama Katolik | ||||||||
Kelas | : XII. IPA / IPS / | ||||||||
Hari/tanggal | : | ||||||||
Waktu | : | ||||||||
I | Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e sebagai jawaban yang benar pada lembar jawab. | ||||||||
1 | Realitas ketidakadilan dalam masyarakat tercermin misalnya dalam .... | ||||||||
a | maraknya tindakan KKN. | ||||||||
b | banyaknya anak-anak putus sekolah. | ||||||||
c | banyaknya pengemis dan gelandangan. | ||||||||
d | banyak pengangguran. | ||||||||
e | banyak orang mencari sumbangan. | ||||||||
2 | Tindak ketidakadilan yang menyengsarakan masyarakat disebabkan oleh .... | ||||||||
a | masyarakat yang malas. | ||||||||
b | sistem dan strtuktur sosial yang tidak adil. | ||||||||
c | penguasa yang rakus. | ||||||||
d | pemimpin yang sewenang-wenang. | ||||||||
e | godaan roh jahat. | ||||||||
3 | Kitab Amzal 5:4-6 bercerita tentang seorang nabi yang mengecam perilaku ketidakadilan bangsa Israel. Nabi tersebut adalah …. | ||||||||
a | Yeremia. | ||||||||
b | Obaja. | ||||||||
c | Amos. | ||||||||
d | Yesaya. | ||||||||
e | Yehezkiel. | ||||||||
4 | Memberikan kepada setiap orang yang menjadi haknya adalah arti dasar dari .... | ||||||||
a | kejujuran. | ||||||||
b | kebenaran. | ||||||||
c | ketulusdan. | ||||||||
d | ketidakadilan. | ||||||||
e | keadilan. | ||||||||
5 | Ajaran Sosial Gereja yang membahas keadilan terhadap kaum buruh adalah ensiklik .... | ||||||||
a | Evangelii Nuntiandi. | ||||||||
b | Justicia in Mundo. | ||||||||
c | Inter Mirifica. | ||||||||
d | Rerum Novarum. | ||||||||
e | Mater et Magistra. | ||||||||
6 | Contoh tindakan berbohong di masyarakat adalah .... | ||||||||
a | adanya korupsi. | ||||||||
b | banyaknya penipuan. | ||||||||
c | meniru | ||||||||
d | menghina orang lain. | ||||||||
e | meremehkan teman. | ||||||||
7 | Kebohongan dalam kehidupan masyarakat tampil dalam bentuk ........ | ||||||||
a | iming-iming. | ||||||||
b | janji. | ||||||||
c | fitnah. | ||||||||
d | slogan. | ||||||||
e | niat. | ||||||||
8 | Alasan orang berbuat bohong antara lain .... | ||||||||
a | mencari popularitas. | ||||||||
b | bakat. | ||||||||
c | mencari gara-gara. | ||||||||
d | mencari keuntungan. | ||||||||
e | mendapat kehormatan. | ||||||||
9 | Firman Allah kedelapan dalam Dekalog berbunyi .... | ||||||||
a | Jangan menyembah berhala. | ||||||||
b | Jangan berbuat zinah. | ||||||||
c | jangan membunuh. | ||||||||
d | Jangan mencuri. | ||||||||
e | Jangan bersaksi dusta. | ||||||||
10 | Tokoh yang dibunuh karena memperjuangkan kebenaran dan kesaksiannya oleh Raja Henry VIII dari Inggris adalah .... | ||||||||
a | Thomas A. Kempes. | ||||||||
b | Thomas Aquino. | ||||||||
c | Thomas More. | ||||||||
d | Thomas Benigno. | ||||||||
e | Thomaws Fernandes. | ||||||||
11 | Alasan orang berbuat tidak jujur di masyarakat adalah .... | ||||||||
a | kesenangan. | ||||||||
b | keserakahan. | ||||||||
c | kepuasan diri. | ||||||||
d | kebudayaan. | ||||||||
e | tuntutan masyarakat. | ||||||||
12 | Dalam hidup bermasyarakat, kejujuran penting untuk menumbuhkan .... | ||||||||
a | semangat hidup. | ||||||||
b | perjuangan hidup. | ||||||||
c | keyakinan hidup. | ||||||||
d | kepercayaan. | ||||||||
e | ketekunan. | ||||||||
13 | Dalam memperjuangkan kejujuran di tengah masyarakat perlu adanya .... | ||||||||
a | gerakan sosial. | ||||||||
b | gerakan keadilan. | ||||||||
c | gerakan keagamaan. | ||||||||
d | gerakan individu. | ||||||||
e | gerakan moral. | ||||||||
14 | Faktor penyebab terjadinya pertikaian diberbagai daerah adalah adanya sikap .... | ||||||||
a | fanatik. | ||||||||
b | kemiskinan. | ||||||||
c | mudah dihasut. | ||||||||
d | rendah diri. | ||||||||
e | cinta diri. | ||||||||
15 | Menurut Yoh 14:27 dan Luk 1:29, keadaaan damai sejahtera menampakkan .... | ||||||||
a | Kerajaan dunia. | ||||||||
b | Kerajaan Allah. | ||||||||
c | kepuasan diri. | ||||||||
d | kepuasan bersama. | ||||||||
e | kerukunan. | ||||||||
16 | Usaha mewujudkan perdamaian dan persaudaraan yang dilakukan oleh Mahatma Gandi adalah .... | ||||||||
a | berjuang dengan kekerasan. | ||||||||
b | bunuh ganti bunuh. | ||||||||
c | perjuangan tanpa kekerasan. | ||||||||
d | menghindari konflik terbuka. | ||||||||
e | berjuang menghalalkan segala cara. | ||||||||
17 | Salah satu hambatan dalam memperjuangkan keadilan adalah .... | ||||||||
a | sikap bersedia mengalah. | ||||||||
b | kesediaan untuk mengampuni. | ||||||||
c | bersedia berjuang demi kebersamaan. | ||||||||
d | sikap mendahulukan kepentingan kelompok. | ||||||||
e | sikap rendah hati. | ||||||||
18 | Hidup rukun dalam masyarakat diupayakan dengan mengembangkan .... | ||||||||
a | kehendak bebas. | ||||||||
b | bersikap terbuka dan toleran. | ||||||||
c | sikap mau menang sendiri. | ||||||||
d | sikap waspada dan curiga. | ||||||||
e | perhatian kepada kelompok. | ||||||||
19 | Manfaat tanah bagi manusia adalah .... | ||||||||
a | untuk dimanfaatkan sepuas-puasnya. | ||||||||
b | sumber pertikaian. | ||||||||
c | sumber kehidupan. | ||||||||
d | untuk digali bahan tambangnya. | ||||||||
e | untuk investasi. | ||||||||
20 | Fungsi hutan yang amat penting adalah .... | ||||||||
a | sebagai paru-paru dunia. | ||||||||
b | sebagai sumber uang. | ||||||||
c | sebagai sumber devisa. | ||||||||
d | sebagai bahan kayu bakar. | ||||||||
e | sebagai sumber makanan ternak. | ||||||||
21 | Bagi manusia hewan bermanfaat sebagai .... | ||||||||
a | predator. | ||||||||
b | sumber penyakit. | ||||||||
c | pengganggu. | ||||||||
d | sumber protein. | ||||||||
e | sumber pupuk. | ||||||||
22 | Dalam Kej 1:1-24, Allah menghendaki agar manusia …. | ||||||||
a | memanfaatkan alam sepuas-puasnya. | ||||||||
b | menggunakan alam sebagai sumber kekayaan. | ||||||||
c | menjadikan alam sebagai sumber uang. | ||||||||
d | memakai alam semesta dengan sesuka hati. | ||||||||
e | memanfaatkan dan menjaga kelestarian lingkungan. | ||||||||
23 | Salah satu usaha pelestarian lingkungan dalam menjaga keutuhan ciptaan adalah .... | ||||||||
a | melakukan reboisasi. | ||||||||
b | memanfaatkan hutan untuk pertanian. | ||||||||
c | melakukan tebang pilih. | ||||||||
d | memusnahkan mobil-mobil tua. | ||||||||
e | mengadakan uji emisi gas buang kendaraan. | ||||||||
24 | Salah satu penyebab kerusakan tanah pertanian adalah .... | ||||||||
a | pengolahan tanah dengan traktor. | ||||||||
b | penggunaan pestisida yang berlebihan. | ||||||||
c | menggunakan pupuk organik. | ||||||||
d | penggunaan bibit unggul. | ||||||||
e | kemarau panjang. | ||||||||
25 | Penyebab utama pencemaran dan perusakan lingkungan hidup adalah .... | ||||||||
a | iklim yang tidak bersahabat. | ||||||||
b | cuaca yang tidak menentu. | ||||||||
c | kepadatan penduduk. | ||||||||
d | keterbatasan alam. | ||||||||
e | lingkungan yang kurang terawat. | ||||||||
26 | Salah satu akibat dari penebangan hutan yang berlebihan adalah .... | ||||||||
a | kayu menjadi murah. | ||||||||
b | banyak tersedia bahan bangunan. | ||||||||
c | makin bertambahnya lahan pertanian. | ||||||||
d | kandungan air tanah berkurang. | ||||||||
e | udara menjadi panas. | ||||||||
27 | Salah satu cara menjaga kelestarian hutan adalah .... | ||||||||
a | mengusahakan pertanian tumpang sari. | ||||||||
b | dibangun untuk perumahan. | ||||||||
c | dijadikan lahan pertanian baru. | ||||||||
d | menanam pohon yang laku jual. | ||||||||
e | menciptakan hutan lindung. | ||||||||
28 | Hambatan utama dalam menjaga kelestarian alam adalah .... | ||||||||
a | kesadaran manusia terhadap lingkungan rendah. | ||||||||
b | usaha-usaha yang tidak ramah lingkungan. | ||||||||
c | harga bibit tanaman mahal. | ||||||||
d | harga pupuk mahal. | ||||||||
e | harga insektisida mahal. | ||||||||
29 | Penyebab utama Martin Luther memisahkan diri dari Gereja Katolik adalah .... | ||||||||
a | penjualan saham Gereja. | ||||||||
b | penjualan surat indulgensi. | ||||||||
c | kemauan Martin Luther sendiri. | ||||||||
d | jual-beli jabatan dalam Gereja. | ||||||||
e | kehendak Allah. | ||||||||
30 | Gereja Katolik dan Protestan mempunyai kesamaan pokok dalam .... | ||||||||
a | mengakui devosi kepada orang kudus. | ||||||||
b | mengakui Paus sebagai pemimpin tertinggi. | ||||||||
c | mengakui adanya tujuh sakramen. | ||||||||
d | d. mengakui Allah sama sama. | ||||||||
e | e. menerima hirarki. | ||||||||
31 | Tokoh gerakan Protestantisme yang sangat terkenal dari Inggris adalah .... | ||||||||
a | Martin Luther. | ||||||||
b | Yohanes Calvin. | ||||||||
c | John Lock. | ||||||||
d | David Hume. | ||||||||
e | Jves Congar. | ||||||||
32 | Dokumen Gereja yang membahas tentang sikap Gereja Katolik terhadap agama Kristen adalah .... | ||||||||
a | Konstitusi Dogmatis Gaudium et Spes. | ||||||||
b | Konstitusi Pastoral Lumen Gentium. | ||||||||
c | Dekret tentang Ekumene. | ||||||||
d | Dekret tentang Nostra Aetate. | ||||||||
e | Ensiklik Laborem Exercen. | ||||||||
33 | Iman akan Allah Yang Mahakuasa, percaya pada Malaikat, Kitab Suci, Rasul, Hari Kiamat, dan Takdir Ilahi disebut .... | ||||||||
a | Rukun Islam. | ||||||||
b | Hukum Islam. | ||||||||
c | Tasawuf. | ||||||||
d | Rukun Iman. | ||||||||
e | Tauhid. | ||||||||
34 | Dalam agama Islam, syahadat, solat lima waktu, saum, zakat dan haji merupakan pilar penyangga keislaman disebut sebagai .... | ||||||||
a | Lima Rukun Islam. | ||||||||
b | Lima Rukun Iman. | ||||||||
c | Lima Sunah Nabi. | ||||||||
d | Lima Hadiz Nabi. | ||||||||
e | Lima Tugas Suci. | ||||||||
35 | Dalam pandangan agama Islam, Fardh, Sunnah, Mubah, Makruh, dan Haram disebut sebagai .... | ||||||||
a | Lima Rukun Iman. | ||||||||
b | Lima Rukun Islam. | ||||||||
c | Lima Hukum Islam | ||||||||
d | Lima Sunah Nabi. | ||||||||
e | Lima Hadiz Nabi. | ||||||||
36 | Perbuatan yang dapat menimbulkan murka Allah disebut .... | ||||||||
a | Halal. | ||||||||
b | Syariah. | ||||||||
c | Muamalat. | ||||||||
d | Haram. | ||||||||
e | Syahadat. | ||||||||
37 | Perbuatan-perbuatan yang berkenan kepada Allah disebut .... | ||||||||
a | Haram. | ||||||||
b | Syahadat. | ||||||||
c | Takwa. | ||||||||
d | Makruf. | ||||||||
e | Halal. | ||||||||
38 | Tujuan pokok hidup manusia menurut agama Hindu Dharma adalah ..... | ||||||||
a | Samsara. | ||||||||
b | Moksha. | ||||||||
c | Karma. | ||||||||
d | Jnana. | ||||||||
e | Swastiastu | ||||||||
39 | Inti pokok ajaran Budha tentang hidup manusia tercantum dalam .... | ||||||||
a | Catur Wangsa. | ||||||||
b | Catur Mudra. | ||||||||
c | Catur Arya Satya. | ||||||||
d | Catur Marga. | ||||||||
e | Karma Samsara. | ||||||||
40 | Menurut ajaran Konghucu, tujuan hidup manusia tertinggi adalah Kuncu. Kuncu berarti .... | ||||||||
a | orang tidak bersalah. | ||||||||
b | orang saleh. | ||||||||
c | orang yang pasrah. | ||||||||
d | orang budiman. | ||||||||
e | orang yang menerima. | ||||||||
41 | Pokok ajaran kebatinan, yang bersumber pada tradisi agama asli adalah .... | ||||||||
a | bersatu dengan roh-roh gaib. | ||||||||
b | bersatu dengan diri sendiri. | ||||||||
c | bersatu dengan Sang Hyang Widi. | ||||||||
d | memperoleh surga. | ||||||||
e | mencapai budi luhur. | ||||||||
42 | Pandangan Gereja Katolik terhadap agama-agama non-kristiani terdapat dalam dekret Konsili Vatikan II .... | ||||||||
a | Nostra Aetate. | ||||||||
b | Justicia in Mundo. | ||||||||
c | Laborem Exercent. | ||||||||
d | Inter Mirifika. | ||||||||
e | Pacem in Terris. | ||||||||
43 | Pasal dalam UUD 1945 yang menjamin kebebasan beragama adalah .... | ||||||||
a | pasal 25. | ||||||||
b | pasal 33. | ||||||||
c | Pasal 28. | ||||||||
d | pasal 29. | ||||||||
e | pasal 30. | ||||||||
44 | Konsili Vatikan II mengajak kita untuk menghormati agama-agama dan kepercayaan lain, karena dalam agama-agama itu terdapat pula kebenaran dan keselamatan. Ajaran tersebut terdapat dalam dekret …. | ||||||||
a | Dignitatis Humanae. | ||||||||
b | Deus est Caritas.. | ||||||||
c | Prebisterium Ordinis. | ||||||||
d | Gavissimum Educationis. | ||||||||
e | Nostra Aetate. | ||||||||
45 | Hambatan utama dalam membangun dialog dengan agama dan kepercayaan lain adalah …. | ||||||||
a | rasa saling curiga. | ||||||||
b | asa saling menerima. | ||||||||
c | rasa saling menghormati. | ||||||||
d | sikap mau bekerja sama. | ||||||||
e | keterbukaan. | ||||||||
II | Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! | ||||||||
46 | Bagaimana cara Gereja memperjuangkan keadilan di masyarakat? | ||||||||
47 | Sebut dan jelaskan usaha-usaha Gereja dalam memperjuangkan kejujuran! | ||||||||
48 | Jelaskan hambatan-hambatan yang ada dalam usaha pelestarian lingkungan! | ||||||||
49 | Sebut dan jelaskan persamaan dan perbedaan antara Gereja Katolik dan Gereja Protestan! | ||||||||
50 | Bagaimana pandangan Gereja Katolik tentang Islam? Jelaskan! | ||||||||
Selasa, 03 Desember 2013
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 2013-2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar