ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL |
TAHUN PELAJARAN
2013/2014 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Katolik |
|
|
|
|
|
Kelas |
|
: XI IPA / IPS |
|
|
|
|
|
|
Hari/tanggal |
: |
|
|
|
|
|
|
|
Waktu |
|
: 90 menit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I |
Pilihlah salah satu
jawaban yang tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e sebagai jawaban yang
benar pada lembar jawab. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
1.
”Arti dan Makna Gereja” menurut ekklesiologi
sesudah Konsili Vatikan II adalah .... |
|
|
a. Gereja adalah Umat
Allah, semua anggota terlibat dalam pewartaan kristus. |
|
|
|
b. tempat umat Allah
berkumpul dan berdoa. |
|
|
|
|
|
|
c. persekutuan umat |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. tempat umat Allah
berdoa dan mencari keselamatan. |
|
|
|
|
|
e. kumpulan orang-orang
yang akan melakukan kegiatan misioner. |
|
|
|
2 |
Menurut pandangan
ekklesiologi sebelum Konsili Vatikan II, Gereja bersifat .... |
|
|
|
a. diam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. beku |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. hidup |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. aklamatis |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. organisatoris |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Gereja yang ciri
”inter tempora” berarti perkembangan Gereja berasal dari .... |
|
|
|
a. dorongan hirarki. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. dorongan umat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. dorongan Roh Kudus. |
|
|
|
|
|
|
|
d. dorongan Konsili
Vatikan II. |
|
|
|
|
|
|
|
e. dorongan Paus |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Berdasarkan
perkembangan ”Sejarah Keselamatan Gereja” yang perlu mendapat penekanan dalam
Gereja adalah .... |
|
a. segi organisasi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. segi materi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. segi dogmatis. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. segi karisma. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. segi pastoral. |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Pandangan ”Gereja masa
kini” sesuai semangat Konsili Vatikan II, dalam keseluruhan Gereja, hirarki
memiliki fungsi .... |
|
a. fungsi organisatoris. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. fungsi kepemimpinan. |
|
|
|
|
|
|
|
c. fungsi keteladanan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. fungsi pengutusan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. fungsi pelayanan. |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Konsili Vatikan II
menempatkan hirarki memiliki fungsi
pelayanan, maka hirarki berada .... |
|
|
a. di atas umat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. di bawah umat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. di samping umat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. di dalam umat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. di depan umat. |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Paham ”Gereja Umat
Allah” dipopulerkan kembali oleh Konsili Vatikan II, karena Gereja Katolik
terlalu bersifat terlalu .... |
|
a. hirarkis. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. suci. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. profan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. mengumat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. sekular. |
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Paham Gereja sebagai Umat
Allah berdasar pada pengalaman iman Bangsa Israel sebagai ..... |
|
|
a. orang pilihan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. manusia unggul. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. orang terpanggil. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. bangsa terpilih. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. anak Abraham. |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Gereja terlalu hirarkis,
artinya Gereja didominasi oleh .... |
|
|
|
|
|
a. kaum awam. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. kaum klerus
(tertahbis). |
|
|
|
|
|
|
|
c. kaum
biarawan/biarawati. |
|
|
|
|
|
|
|
d. kau rohaniwan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. kaum spiritualis. |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Paham Gereja Umat
Allah mengakui kesamaan martabat dan peran semua anggota Gereja, mereka
berbeda dalam hal .... |
|
a. fungsi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. pandangan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. kedudukan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. pangkat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. jabatan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Gereja Umat Allah
berada dalam peziarahan menuju ke rumah Bapa. Berikut adalah ciri-ciri Umat Allah kecuali .... |
|
a. bangsa terpilih. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. bangsa terpanggil. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. bangsa terpanggil
untuk misi tertentu. |
|
|
|
|
|
|
d. bangsa dalam
perjalanan ke tanah terjanji. |
|
|
|
|
|
|
e. bangsa yang harus
dipertobatkan. |
|
|
|
|
|
12 |
Hubungan antara Allah dan
Umat-Nya ditandai dengan suatu .... |
|
|
|
|
a. perjamuan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. perjanjian. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. perayaan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. deklarasi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. promulgasi. |
|
|
|
|
|
|
|
13 |
Dokumen-dokumen Gereja
memberikan kiasan Umat Allah berada dalam perjalanan menuju Tanah Terjanji
melalui .... |
|
a. sungai Yordan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Laut Merah. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. padang Gurun. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Gunung Sinai. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Laut Mati. |
|
|
|
|
|
|
|
14 |
Umat Allah mempunyai panggilan khusus, yaitu
.... |
|
|
|
|
|
a. menyelamatkan anak
manusia. |
|
|
|
|
|
|
|
b. menyelamatkan dunia. |
|
|
|
|
|
|
|
c. menebus dunia. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. menebus dosa. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. mendampingi manusia. |
|
|
|
|
|
|
15 |
Pengertian Gereja
sebagai Umat Allah dimunculkan pada saat yang tepat, karena menjelang Konsili
Vatikan II Gereja cenderung menjadi .... |
|
a. sangat sekular. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. profan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. sangat organisatoris. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. hirarkis. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. spiritual. |
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
Sekarang kita kembali
pada ”Gereja Purba”, yang dimaksud dengan ”Gereja Purba” adalah .... |
|
|
a. Gereja Ortodok. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Gereja Katolik Roma. |
|
|
|
|
|
|
|
c. Gereja Anglikan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Gereja Para Rasul. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Gereja Yunani. |
|
|
|
|
|
|
|
17 |
Gereja berbentuk
piramidal menunjukkan Gereja yang bersifat .... |
|
|
|
|
a. institusional. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. komunal. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. ortodoks. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. ortopraksi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. reformis. |
|
|
|
|
|
|
|
18 |
Gereja berbentuk
lingkaran menunjukkan gereja yang bersifat .... |
|
|
|
|
a. mengumat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. hirarkis. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. feodal. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. komunal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. sakral. |
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
Konsekuensi dari Gereja
yang mengumat bagi hirarki adalah .... |
|
|
|
|
a. menyadari kesatuan
dengan umat lain. |
|
|
|
|
|
|
b. aktif dalam kegiatan
menjemaat. |
|
|
|
|
|
|
|
c. awam dan hirarki
mempunyai martabat yang sama. |
|
|
|
|
|
d. menyadari tugas dan
fungsi pemimpin adalah melayani. |
|
|
|
|
20 |
Orang yang ditahbiskan
untuk tugas penggembalaan dan menjadi pemimpin serta pemersatu umat dan
memperoleh tanda efektif dan nyata dari otoritas Kristus sebagai kepala umat
adalah .... |
|
a. hierarki. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Uskup. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. bruder. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. frater. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. diakon. |
|
|
|
|
|
|
|
|
21 |
Tata urutan atau susunan
organisasi kepemimpinan Gereja disebut .... |
|
|
|
|
a. monarki. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. keuskupan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. hirarki. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. seminari. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. kepausan. |
|
|
|
|
|
|
|
22 |
Berikut adalah tugas dari
hirarki kecuali .... |
|
|
|
|
|
|
a. menjalankan tugas
Gerejani. |
|
|
|
|
|
|
|
b. memimpin umat dalam
komunikasi iman. |
|
|
|
|
|
|
c. memimpin perayaan
Ekaristi. |
|
|
|
|
|
|
|
d. memandikan dan
memimpin ibadat kematian. |
|
|
|
|
|
e. mewartakan sabda dan
menerimakan Sakramen Baptis. |
|
|
|
|
23 |
Umat yang dengan rela
hati mengucapkan kaul Kemiskinan,
Ketaatan dan Kemurnian demi mengabdi kepada Allah adalah .... |
|
a. Pemimpin Gereja. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Awam. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Imam. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Diakon. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Biarawan/Biarawati. |
|
|
|
|
|
|
|
24 |
Kaum awam dalam Gereja
Katolik adalah .... |
|
|
|
|
|
|
a. semua orang beriman
kristiani yang tidak termasuk dalam golongan tertahbis. |
|
|
|
b. semua orang beriman
kristen. |
|
|
|
|
|
|
|
c. pengikut Yesus Kristus
yang sangat setia. |
|
|
|
|
|
|
d. pengikut Yesus yang
menghayati kaul kebiaraan. |
|
|
|
|
|
e. pengikut Yesus yang
sangat loyal. |
|
|
|
|
|
25 |
Tempat tinggal umat
beriman Kristen yang mengikrarkan kaul kebiaran disebut …. |
|
|
|
a. asrama. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. biara. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. pastoran. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. kapel. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Gereja. |
|
|
|
|
|
|
|
|
26 |
Di bawah ini merupakan
ciri kehidupan Gereja Purba, kecuali .... |
|
|
|
|
a. sehati sejiwa. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. segala kepunyaan
adalah milik bersama. |
|
|
|
|
|
|
c. segala kepunyaan
adalah milik pribadi. |
|
|
|
|
|
|
d. hidup dalam kasih
karunia yang melimpah. |
|
|
|
|
|
|
e. tidak seorangpun
berkekurangan. |
|
|
|
|
|
27 |
Semangat dasar
yang perlu menjadi teladan bagi umat
sekarang dari cara hidup Jemaat
Perdana adalah .... |
|
a. kerukunan dalam
beribadah. |
|
|
|
|
|
|
|
b. tatacara beribadat
yang megah dan bersemangat. |
|
|
|
|
|
c. ketertiban dalam
menjalankan ajaran Yesus. |
|
|
|
|
|
|
d. kesetiakawanan sosial. |
|
|
|
|
|
|
|
e. keprihatinan terhadap
kaum yang lemah dan teraniaya. |
|
|
|
|
28 |
Gereja hadir di dunia
bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk .... |
|
|
|
|
a. menyemarakkan dunia. |
|
|
|
|
|
|
|
b. ikut mewarnai dunia. |
|
|
|
|
|
|
|
c. menertibkan dunia. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. membangun dunia. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. menyalamatkan dunia. |
|
|
|
|
|
|
29 |
Gereja sebagai Sakramen
dunia mengandung makna bahwa Gereja menjadi .... |
|
|
|
a. tanda dan sarana
kehadiran Allah dalam menyelamatkan alam semesta. |
|
|
|
b. simbol kehadiran
Allah. |
|
|
|
|
|
|
|
c. sarana Allah menebus
dosa manusia. |
|
|
|
|
|
|
d. jalan keselamatan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. sumber keselamatan
dunia. |
|
|
|
|
|
|
30 |
Gereja bersifat terbuka,
maksudnya adalah .... |
|
|
|
|
|
|
a. bersedia berdialog
dengan pemuka-pemuka agama. |
|
|
|
|
|
b. bersedia berdialog
dengan siapa saja yang berkehendak baik. |
|
|
|
|
c. bersedia berdialog
dengan tokoh-tokoh masyarakat. |
|
|
|
|
|
d. bersedia berdialog
dengan para pemimpin negara. |
|
|
|
|
|
e. bersedia berdialog
dengan para tokoh kebudayaan. |
|
|
|
|
31 |
Menangani pengungsi
kurban bencana alam, perang merupakan
bentuk nyata keterbukaan Gereja untuk menjalin .... |
|
a. kerjasama dan
kesetiakawanan sosial. |
|
|
|
|
|
|
b. kerjasama dan dialog
antar pemuka agama. |
|
|
|
|
|
|
c. kerjasama dan dialog
karya. |
|
|
|
|
|
|
|
d. kerjasama dan dialog
antar pemimpin masyarakat. |
|
|
|
|
|
e. kerjasama gotong
royong. |
|
|
|
|
|
|
32 |
Konsili Vatikan II
sebagai tonggak sejarah baru kehidupan Gereja dibuka oleh .... |
|
|
|
a. Paus Pius XIII. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Paus Yohanes Paulus II |
|
|
|
|
|
|
|
c. Paus Paulus VI. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Paus Yohanes XXIII. |
|
|
|
|
|
|
|
e. Paus Benedictus XVI. |
|
|
|
|
|
|
33 |
Ajakan ”Aggiornamento”
yang diserukan Paus Yohanes XXIII pada tahun 1962 berarti Gereja harus
senantiasa .... |
|
a. terbuka. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. kudus. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. satu. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. menjaga wibawa. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. memperbarui diri. |
|
|
|
|
|
|
|
34 |
Yesus memilih Petrus
sebagai pemimpin Dewan Para Rasul walaupun ia sering kali ceroboh dan
temperamental karena .... |
|
a. Petrus anak Yohanes. |
|
|
|
|
|
|
|
b. Petrus adalah gembala
yang baik. |
|
|
|
|
|
|
c. Petrus mempunyai iman
yang teguh. |
|
|
|
|
|
|
d. Petrus dikasihi oleh
Tuhan. |
|
|
|
|
|
|
|
e. Janji Tuhan kepada
umat-Nya. |
|
|
|
|
|
|
35 |
Yang dimaksud dengan kata
”KONSILI” Sidang Agung adalah .... |
|
|
|
|
a. Para Kardinal. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Uskup-Uskup seluruh
dunia. |
|
|
|
|
|
|
|
c. Agung pemilihan Paus. |
|
|
|
|
|
|
|
d. Gereja-Gereja seluru
dunia. |
|
|
|
|
|
|
|
e. pemilihan Kardinal. |
|
|
|
|
|
|
|
36 |
Konsili yang disebut
sebagai “Karya Roh Kudus Abad ini” adalah
…. |
|
|
|
|
a. Konsili Trente. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Konsili Nicea. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Konsili Vatikan II. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Konsili Vatikan I. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Konsili Kalsedon. |
|
|
|
|
|
|
|
37 |
Pemimpin tertinggi umat
katolik seluruh dunia saat ini adalah …. |
|
|
|
|
a. Paus Fransiskus |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Paus Fransiskus Asisi |
|
|
|
|
|
|
|
c. Paus Yohanes XXIII. |
|
|
|
|
|
|
|
d. Paus Benediktus XVI. |
|
|
|
|
|
|
|
e. Paus Bernardinus XVI. |
|
|
|
|
|
|
38 |
Dewan Para Rasul pada jaman Gereja Perdana sekarang ini
digantikan oleh .... |
|
|
|
a. Dewan Para Uskup. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Dewan Kardinal. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Dewsan Imam. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Dewan Paroki. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Dewan Perwakilan Umat. |
|
|
|
|
|
|
39 |
Dalam Gereja saat ini
yang disebut sebagai pengganti Petrus adalah …. |
|
|
|
|
a. Imam. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Prodiakon. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Uskup Agung Roma |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Uskup. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Hirarki. |
|
|
|
|
|
|
|
|
40 |
Yang dimaksud dengan Iman
Agung Roma dan pengganti Petrus
adalah…. |
|
|
|
a. Uskup Agung. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Kardinal. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c.Dewan Penatua. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Monsigneur. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Paus. |
|
|
|
|
|
|
|
|
41 |
Penasehat utama Paus yang
bertugas membantu Paus dalam menjalankan tugas pastoralnya adalah .... |
|
a. Dewan Biara. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Dewan Kardinal. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Dewan Para Uskup. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Dewan Para Imam. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Dewan Para Paus. |
|
|
|
|
|
|
|
42 |
Gereja bersifat Katolik.
Hal ini berarti .... |
|
|
|
|
|
|
a. satu dalam iman,
harapan dan kasih. |
|
|
|
|
|
|
b. kudus, karena
dikuduskan oleh Allah melalui sakramen baptis. |
|
|
|
|
c. universal, umum
terbuka bagi semua orang dan budaya manapun. |
|
|
|
|
d. berdasar pada iman
para rasul. |
|
|
|
|
|
|
|
e. sama dengan Gereja
Perdana. |
|
|
|
|
|
|
43 |
Gereja bersifat
Apostolik, artinya .... |
|
|
|
|
|
|
a. hidup dalam satu
paroki tertentu. |
|
|
|
|
|
|
b. mengakui kekuasaan
Paus. |
|
|
|
|
|
|
|
c. dipimpin oleh paus |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. berdasar pada iman
para rasul. |
|
|
|
|
|
|
|
e. tiruan dari Gereja
Perdana. |
|
|
|
|
|
|
44 |
Sumber kekudusan dalam
Gereja adalah .... |
|
|
|
|
|
|
a. persatuan Allah dalam
Yesus Kristus dan Roh Kudus. |
|
|
|
|
|
b. baptisan yang
diterima. |
|
|
|
|
|
|
|
c. penguatan atau krisma. |
|
|
|
|
|
|
|
d. upaya sendiri dengan
bermatiraga atau puasa. |
|
|
|
|
|
e. usaha bersama dengan
saling mendoakan. |
|
|
|
|
|
45 |
Bentuk pewartaan Sabda
Allah dengan cara verbal atau kata-kata disebut .... |
|
|
|
a. Kerygma. |
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Martyria. |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Diakonia. |
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Koinonia. |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Leiturgia. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II |
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
46 |
Sebutkan konsekuensi
Gereja sebagai Umat Allah bagi pemimpin Gereja ( Hierarki ) |
|
47 |
Sebutkan dan jelaskan
pembantu uskup ! |
|
|
|
|
|
48 |
Sebutkan 4 jenis
pewartaan verbal ! |
|
|
|
|
|
49 |
Apa yang dimaksud
pelayanan kristiani ? Jelaskan ! |
|
|
|
|
50 |
Apa yang kamu ketahui
tentang Rm B.Mangunwijoyo Pr |
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar