BERBAGI KOMPETENSI CERDASKAN BANGSA

Jumat, 25 November 2011

LATIHAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS XI

LATIHAN ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas : XI IPA / IPS / BHS
Hari/tanggal :
Waktu : 90 menit

I. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf
a, b, c, d, atau e sebagai jawaban yang benar pada lembar jawab.

1. ”Arti dan Makna Gereja” menurut ekklesiologi sesudah Konsili Vatikan II adalah ....
a. Gereja adalah Umat Allah, semua anggota terlibat dalam pewartaan kristus.
b. tempat umat Allah berkumpul dan berdoa.
c. persekutuan umat
d. tempat umat Allah berdoa dan mencari keselamatan.
e. kumpulan orang-orang yang akan melakukan kegiatan misioner.
2. Menurut pandangan ekklesiologi sebelum Konsili Vatikan II, Gereja bersifat ....
a. diam
b. beku
c. hidup
d. aklamatis
e. organisatoris
3. Gereja yang ciri ”inter tempora” berarti perkembangan Gereja berasal dari ....
a. dorongan hirarki.
b. dorongan umat.
c. dorongan Roh Kudus.
d. dorongan Konsili Vatikan II.
e. dorongan Paus
4. Berdasarkan perkembangan ”Sejarah Keselamatan Gereja” yang perlu mendapat penekanan dalam Gereja adalah ....
a. segi organisasi.
b. segi materi.
c. segi dogmatis.
d. segi karisma.
e. segi pastoral.
5. Pandangan ”Gereja masa kini” sesuai semangat Konsili Vatikan II, dalam keseluruhan Gereja, hirarki memiliki fungsi ....
a. fungsi organisatoris.
b. fungsi kepemimpinan.
c. fungsi keteladanan.
d. fungsi pengutusan.
e. fungsi pelayanan.
6. Konsili Vatikan II menempatkan hirarki memiliki fungsi pelayanan, maka hirarki berada ....
a. di atas umat.
b. di bawah umat.
c. di samping umat.
d. di dalam umat.
e. di depan umat.
7. Paham ”Gereja Umat Allah” dipopulerkan kembali oleh Konsili Vatikan II, karena Gereja Katolik terlalu bersifat terlalu ....
a. hirarkis.
b. suci.
c. profan.
d. mengumat.
e. sekular.
8. Paham Gereja sebagai Umat Allah berdasar pada pengalaman iman Bangsa Israel sebagai .....
a. orang pilihan.
b. manusia unggul.
c. orang terpanggil.
d. bangsa terpilih.
e. anak Abraham.
9. Gereja terlalu hirarkis, artinya Gereja didominasi oleh ....
a. kaum awam.
b. kaum klerus (tertahbis).
c. kaum biarawan/biarawati.
d. kau rohaniwan.
e. kaum spiritualis.
10. Paham Gereja Umat Allah mengakui kesamaan martabat dan peran semua anggota Gereja, mereka berbeda dalam hal ....
a. fungsi.
b. pandangan.
c. kedudukan.
d. pangkat.
e. jabatan.
11. Gereja Umat Allah berada dalam peziarahan menuju ke rumah Bapa. Berikut adalah ciri-ciri Umat Allah kecuali ....
a. bangsa terpilih.
b. bangsa terpanggil.
c. bangsa terpanggil untuk misi tertentu.
d. bangsa dalam perjalanan ke tanah terjanji.
e. bangsa yang harus dipertobatkan.
12. Hubungan antara Allah dan Umat-Nya ditandai dengan suatu ....
a. perjamuan.
b. perjanjian.
c. perayaan.
d. deklarasi.
e. promulgasi.
13. Dokumen-dokumen Gereja memberikan kiasan Umat Allah berada dalam perjalanan menuju Tanah Terjanji melalui ....
a. sungai Yordan.
b. Laut Merah.
c. padang Gurun.
d. Gunung Sinai.
e. Laut Mati.
14. Umat Allah mempunyai panggilan khusus, yaitu ....
a. menyelamatkan anak manusia.
b. menyelamatkan dunia.
c. menebus dunia.
d. menebus dosa.
e. mendampingi manusia.
15. Pengertian Gereja sebagai Umat Allah dimunculkan pada saat yang tepat, karena menjelang Konsili Vatikan II Gereja cenderung menjadi ....
a. sangat sekular.
b. profan.
c. sangat organisatoris.
d. hirarkis.
e. spiritual.
16. Sekarang kita kembali pada ”Gereja Purba”, yang dimaksud dengan ”Gereja Purba” adalah ....
a. Gereja Ortodok.
b. Gereja Katolik Roma.
c. Gereja Anglikan.
d. Gereja Para Rasul.
e. Gereja Yunani.
17. Gereja berbentuk piramidal menunjukkan Gereja yang bersifat ....
a. institusional.
b. komunal.
c. ortodoks.
d. ortopraksi.
e. reformis.
18. Gereja berbentuk lingkaran menunjukkan gereja yang bersifat ....
a. mengumat.
b. hirarkis.
c. feodal.
d. komunal
e. sakral.
19. Konsekuensi dari Gereja yang mengumat bagi hirarki adalah ....
a. menyadari kesatuan dengan umat lain.
b. aktif dalam kegiatan menjemaat.
c. awam dan hirarki mempunyai martabat yang sama.
d. menyadari tugas dan fungsi pemimpin adalah melayani.
20. Orang yang ditahbiskan untuk tugas penggembalaan dan menjadi pemimpin serta pemersatu umat dan memperoleh tanda efektif dan nyata dari otoritas Kristus sebagai kepala umat adalah ....
a. hierarki.
b. Uskup.
c. bruder.
d. frater.
e. diakon.
21. Tataurutan atau susunan organisasi kepemimpinan Gereja disebut ....
a. monarki.
b. keuskupan.
c. hirarki.
d. seminari.
e. kepausan.
22. Berikut adalah tugas dari hirarki kecuali ....
a. menjalankan tugas Gerejani.
b. memimpin umat dalam komunikasi iman.
c. memimpin perayaan Ekaristi.
d. memandikan dan memimpin ibadat kematian.
e. mewartakan sabda dan menerimakan Sakramen Baptis.
23. Umat yang dengan rela hati mengucapkan kaul Kemiskinan, Ketaatan dan Kemurnian demi mengabdi kepada Allah adalah ....
a. Pemimpin Gereja.
b. Awam.
c. Imam.
d. Diakon.
e. Biarawan/Biarawati.
24. Kaum awam dalam Gereja Katolik adalah ....
a. semua orang beriman kristiani yang tidak termasuk dalam golongan tertahbis.
b. semua orang beriman kristen.
c. pengikut Yesus Kristus yang sangat setia.
d. pengikut Yesus yang menghayati kaul kebiaraan.
e. pengikut Yesus yang sangat loyal.
25. Tempat tinggal umat beriman Kristen yang mengikrarkan kaul kebiaran disebut ….
a. asrama.
b. biara.
c. pastoran.
d. kapel.
e. Gereja.
26. Di bawah ini merupakan ciri kehidupan Gereja Purba, kecuali ....
a. sehati sejiwa.
b. segala kepunyaan adalah milik bersama.
c. segala kepunyaan adalah milik pribadi.
d. hidup dalam kasih karunia yang melimpah.
e. tidak seorangpun berkekurangan.
27. Semangat dasar yang perlu menjadi teladan bagi umat sekarang dari cara hidup Jemaat Perdana adalah ....
a. kerukunan dalam beribadah.
b. tatacara beribadat yang megah dan bersemangat.
c. ketertiban dalam menjalankan ajaran Yesus.
d. kesetiakawanan sosial.
e. keprihatinan terhadap kaum yang lemah dan teraniaya.
28. Gereja hadir di dunia bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk ....
a. menyemarakkan dunia.
b. ikut mewarnai dunia.
c. menertibkan dunia.
d. membangun dunia.
e. menyalamatkan dunia.
29. Gereja sebagai Sakramen dunia mengandung makna bahwa Gereja menjadi ....
a. tanda dan sarana kehadiran Allah dalam menyelamatkan alam semesta.
b. simbol kehadiran Allah.
c. sarana Allah menebus dosa manusia.
d. jalan keselamatan.
e. sumber keselamatan dunia.
30. Gereja bersifat terbuka, maksudnya adalah ....
a. bersedia berdialog dengan pemuka-pemuka agama.
b. bersedia berdialog dengan siapa saja yang berkehendak baik.
c. bersedia berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat.
d. bersedia berdialog dengan para pemimpin negara.
e. bersedia berdialog dengan para tokoh kebudayaan.
31. Menangani pengungsi kurban bencana alam, perang merupakan bentuk nyata keterbukaan Gereja untuk menjalin ....
a. kerjasama dan kesetiakawanan sosial.
b. kerjasama dan dialog antar pemuka agama.
c. kerjasama dan dialog karya.
d. kerjasama dan dialog antar pemimpin masyarakat.
e. kerjasama gotong royong.
32. Konsili Vatikan II sebagai tonggak sejarah baru kehidupan Gereja dibuka oleh ....
a. Paus Pius XIII.
b. Paus Yohanes Paulus II
c. Paus Paulus VI.
d. Paus Yohanes XXIII.
e. Paus Benedictus XVI.
33. Konsili Vatikan II dibuka pada tahun ....
a. 1961.
b. 1971.
c. 1972.
d. 1962.
e. 1965.
34. Ajakan ”Aggiornamento” yang diserukan Paus Yohanes XXIII pada tahun 1962 berarti Gereja harus senantiasa ....
a. terbuka.
b. kudus.
c. satu.
d. menjaga wibawa.
e. memperbarui diri.
35. Yesus memilih Petrus sebagai pemimpin Dewan Para Rasul walaupun ia sering kali ceroboh dan temperamental karena ....
a. Petrus anak Yohanes.
b. Petrus adalah gembala yang baik.
c. Petrus mempunyai iman yang teguh.
d. Petrus dikasihi oleh Tuhan.
e. Janji Tuhan kepada umat-Nya.
36. Yang dimaksud dengan kata ”KONSILI” Sidang Agung adalah ....
a. Para Kardinal.
b. Uskup-Uskup seluruh dunia.
c. Agung pemilihan Paus.
d. Gereja-Gereja seluru dunia.
e. pemilihan Kardinal.

37. Konsili yang disebut sebagai “Karya Roh Kudus Abad ini” adalah ….
a. Konsili Trente.
b. Konsili Nicea.
c. Konsili Vatikan II.
d. Konsili Vatikan I.
e. Konsili Kalsedon.
38. Pemimpin tertinggi umat katolik seluruh dunia saat ini adalah ….
a. Paus Bernardus I.
b. Paus Yohanes Paulus II.
c. Paus Yohanes XXIII.
d. Paus Benediktus XVI.
e. Paus Bernardinus XVI.
39. Menurut dogma Gereja, hirarki dan struktur hirarki Gereja ditentukan oleh ....
a. Sidang Konsili Vatikan II.
b. Paus Yohanes Paulus II.
c. Sidang Dewan Gereja Sedunia.
d. Dewan Para Rasul.
e. Yesus Kristus.
40. Dewan Para Rasul pada jaman Gereja Perdana sekarang ini digantikan oleh ....
a. Dewan Para Uskup.
b. Dewan Kardinal.
c. Dewsan Imam.
d. Dewan Paroki.
e. Dewan Perwakilan Umat.
41. Dalam Gereja saat ini yang disebut sebagai pengganti Petrus adalah ….
a. Imam.
b. Prodiakon.
c. Uskup Agung Roma
d. Uskup.
e. Hirarki.
42. Yesus memilih 12 orang murid yang selalu mengikuti kemana Dia pergi. Kelompok dua belas ini diketuai oleh ....
a. Andreas.
b. Yohanes.
c. Thomas.
d. Petrus.
e. Yakobus.
43. Yang dimaksud dengan Iman Agung Roma dan pengganti Petrus adalah….
a. Uskup Agung.
b. Kardinal.
c.Dewan Penatua.
d. Monsigneur.
e. Paus.
44. Mereka yang ditahbiskan untuk mewartakan Injil (mengajar) dan mempersatukan umat seluruh keuskupan adalah ….
a. Uskup.
b. Imam Agung.
c. Pastor Paroki.
d. Diakon.
e. Kardinal.
45. Penasehat utama Paus yang bertugas membantu Paus dalam menjalankan tugas pastoralnya adalah ....
a. Dewan Biara.
b. Dewan Kardinal.
c. Dewan Para Uskup.
d. Dewan Para Imam.
e. Dewan Para Paus.
46. Gereja bersifat Katolik. Hal ini berarti ....
a. satu dalam iman, harapan dan kasih.
b. kudus, karena dikuduskan oleh Allah melalui sakramen baptis.
c. universal, umum terbuka bagi semua orang dan budaya manapun.
d. berdasar pada iman para rasul.
e. sama dengan Gereja Perdana.
47. Gereja bersifat Apostolik, artinya ....
a. hidup dalam satu paroki tertentu.
b. mengakui kekuasaan Paus.
c. dipimpin oleh paus
d. berdasar pada iman para rasul.
e. tiruan dari Gereja Perdana.
48. Gereja Katolik bersifat Satu karena ....
a. satu-satunya jalan keselamatan.
b. satu-satunya sumber keselamatan.
c. satu-satunya Gereja yang diakui Yesus.
d. satu-satunya Gereja yang sah.
e. satu dalam iman akan Yesus Kristus.
49. Sumber kekudusan dalam Gereja adalah ....
a. persatuan Allah dalam Yesus Kristus dan Roh Kudus.
b. baptisan yang diterima.
c. penguatan atau krisma.
d. upaya sendiri dengan bermatiraga atau puasa.
e. usaha bersama dengan saling mendoakan.
50. Bentuk pewartaan Sabda Allah dengan cara verbal atau kata-kata disebut ....
a. Kerygma.
b. Martyria.
c. Diakonia.
d. Koinonia.
e. Leiturgia.

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

51. Sebut dan jelaskanlah 4 (empat) sifat Gereja!
52. Jelaskanlah:
a. pengertian doa,
b. fungsi doa, dan
c. syarat doa yang baik.
53. Sebut dan jelaskanlah penghayatan Gereja yang bersifat Katolik di lingkungan atau Parokimu!
54. Apa artinya Sakramen?
55. Sebut dan jelaskan sakramen-sakramen dalam Gereja Katolik!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar